Ragam Manfaat Kopi Bagi Kesehatan dan Kecantikan

http://4.bp.blogspot.com/-TDSGihH2ehs/UvOyNJRqMoI/AAAAAAAAAAc/tVKH64_s2TM/s1600/2.gif
Bookmark and Share
Ragam Manfaat Kopi Bagi Kesehatan dan Kecantikan. Siapa yang tak kenal minuman berwarna hitam dan beraroma khas ini. Kopi adalah salah satu jenis minuman favorit didunia. Pertama kali dibudidayakan di bagian selatan Arabia.

Salah satu manfaat kopi yang biasa didengar yaitu sebagai penghilang rasa kantuk dan pembangkit stamina maupun energi tubuh. Hal itu dapat terjadi karena kopi mengandung kafein. Perlu diketahui bahwa sebenarnya kopi mempunyai manfaat yang beragam. Meski pada umumnya orang beranggapan bahwa kopi adalah salah satu minuman yang tidak sehat. Selama kopi diminum sesuai takaran dan tidak berlebihan, kopi mempunyai manfaat yang beragam bagi kesehatan dan kecantikan. Nah berikut adalah manfaat dari kopi.



Manfaat Bagi Kesehatan 

  • Menurunkan Resiko Diabetes. Didalam kopi mengandung asam klorogenat. Jenis asam ini dapat menghambat penyerapan gula berlebih dalam tubuh dan sangat berperan dalam pembentukan insulin. Hasil penelitian menyebutkan bahwa mengkonsumsi kopi mampu menurunkan resiko diabetes hingga 50%.
  • Mengurangi Resiko Serangan Stroke. Sebuah penelitian di Finlandia menunjukkan bahwa mengkonsumsi kopi secara rutin sebanyak 2 hingga 3 cangkir perhari mampu memperkecil resiko terhadap serangan stroke hingga 19, dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi kopi. Studi dilakukan pada wanita usia lebih dari 24 tahun. Begitu  jugastudi yang dilakukan pada pria, hasil yang diperoleh adalah sama.
  • Mencengah Penyakit Kanker. Kandungan antioksidan pada kopi yang cukup tinggi mampu mencegah timbulnya berbagai jenis penyakit kanker. Studi penelitian di Jepang menyatakan bahwa wanita yang mengkonsumsi 2 cangkir kopi perhari memiliki resiko terhadap serangan kanker usus besar 25% lebih rendah.
  • Mengurangi Resiko Liver. Kandungan kafein dan antioksidanpada biji kopi telah teruji bahwa kopi mampu mencegah sirosis hati. 

Manfaat Bagi Kecantikan

  • Menyegarkan Kulit. Lakukan dengan terlebih dahulu membekukan kopi dalam freezer hingga menjadi beku. Setelah beku, usapkan es kopi kebagian wajah. Cuci menggunakan air bersih, rasakan wajah akan tampak segar kembali.
  • Menghaluskan dan Melangsingkan Kulit. Gunakan kopi yang telah ditumbuh kasar. Sebelum menggosokkan pada bagian tubuh ada baiknya terlebih dahulu bagian tubuh tersebut digosok menggunakan sikat khusus tubuh. Balurkan kopi layaknya menggunakan scrub dan gosok perlahan. Di india, kebiasaan ini dipercaya dapat melangsingkan tubuh bila digunakan secara teratur.
  • Mengencangkan Kulit. Untuk mendapatkan kulit wajah yang kencang lakukan dengan kopi yang telah diseduh. Balurkan larutan kopi pada wajah dengan menggunakan kapas.
  • Membuat Rambut Hitam Alami. Cara yang digunakan yaitu dengan mencampurkan 2 kuning telur, 1 sendok rum, 2 sendok air hangat, 1 sendok kopi bubuk dan minyak sayur. Aduk rata dan oleskan pada rambut, diamkan 5 menit kemudian cuci bersih dengan air hangat.

Meski mengandung banyak manfaat kopi, bukan berarti kopi dapat dikonsumsi secara belebihan. Konsumsi kopi yang berlebihan dapat mengakibatkan timbulnya berbagai macam penyakit antara lain insomnia, jantung berdebar dan hipertensi yang mampu meningkatkan kinerja jantung dan memicu stroke.

Semoga bermanfaat informasi Ragam Manfaat Kopi Bagi Kesehatan dan Kecantikan

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar