Makanan Yang Mengandung Sumber Protein

http://4.bp.blogspot.com/-TDSGihH2ehs/UvOyNJRqMoI/AAAAAAAAAAc/tVKH64_s2TM/s1600/2.gif
Bookmark and Share
Makanan Yang Mengandung Sumber Protein Protein merupakan nutrisi yang harus kita penuhi setiap harinya karena sangat penting bagi kesehatan tubuh.Menurut sumbernya, protein dibagi menjadi dua macam yaitu protein nabati dan protein hewani.

Sumber Protein nabati berasal dari tumbuhan,sedangkan protein hewani berasal dari hewan yang banyak mengandung asam amino esensial yang sangat berpengaruh untuk perkembangan tubuh. Protein bermanfaat untuk membentuk jaringan otot, menjaga keseimbangan pH asam dan basa tubuh, serta membantu mengatur hormon-hormon yang berfungsi dalam proses pencernaan. Fungsi lainnya dari protein adalah sebagai cadangan makanan dan energi dalam tubuh kita.


Nah, Berikut ini kami berikan info 10 makanan yang mengandung sumber protein tinggi :

1. Telur

Telur merupakan sumber protein terlengkap bagi tubuh, tujuh gram protein terkandung dalam setiap satu butir telur  yang telah direbus dengan hanya dua gram kandungan lemak jenuh. Kandungan lemak jenuh ini terdapat pada bagian kuning telur, sehingga bila anda ingin menghindarinya, anda tidak perlu memakannya. Studi-studi menemukan, orang-orang yang makan telur dan roti panggang untuk sarapan bisa kenyang lebih lama dan mengonsumsi lebih sedikit kalori sepanjang hari.

2. Tenderloin Ayam ( White Meat )


Masing-masing tenderloin mempunyai berat sekitar satu setengah hingga dua ons, sehingga memudahkan Anda mengontrol porsi. Dua tenderloin hampir setara dengan satu takar ukuran tiga ons. Tenderloin mudah dibumbui dan bisa digunakan dalam kebab atau ditumis dengan makanan lainnya.

3. Dada Ayam ( White Meat )

10 Makanan yang mengandung Sumber Protein Tinggi , Dada  ayam adalah pilihan daging yang miliki kandungan lemak cukup rendah. Makanan ini dapat dijadikan pilihan menu makan siang sehat yang mengandung sedikit kolesterol.

4. Daging Sapi ( Sirloin )

Sirloin merupakan daging yang diambil dari bagian belakang sapi. Daging ini hampir tidak mengandung lemak, dan biasanya digunakan untuk dijadikan steak, karena ukurannya yang jauh lebih besar dibanding bagian lainnya pada tubuh sapi.

5. Ikan Segar

Semua jenis ikan merupakan sumber protein yang sangat baik bagi tubuh, terutama ikan laut. Dan kita tidak perlu khawatir, karena ikan sama sekali tidak mengandung lemak seperti daging. Meski ada beberapa jenis ikan yang mengandung lemak, seperti ikan salmon, namun itu merupakan lemak baik omega 3.

6. Udang

udang kaya akan kalsium dan protein, dan termasuk dalam kategori sumber protein hewani. Nilai protein pada udang dikategorikan complete protein karena kadar asam amino yang tinggi, berprofil lengkap dan sekitar 85-95 persennya mudah dicerna tubuh. 100 gr udang mentah mengandung 20,3gr protein atau cukup untuk memenuhi kebutuhan protein harian sebanyak 41 %.

7. Susu Murni

Susu Murni merupakan salah satu sumber protein dengan kualitas terbaik. Jumlah protein susu murni memang tak terlalu besar, namun kualitas protein yang disediakan bagi tubuh sangat menakjubkan. Protein dalam susu mengandung semua asam amino esensial yang diperlukan tubuh.

8. Keong Mas

Menurut Dr Ir Sulistiono, MSc, Ketua Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor (IPB) (harian Pelita, Jum’at,13/4), keong mas diketahui mengandung asam omega 3, 6 dan 9. Dari hasil uji proksimat, kandungan protein pada keong mas terbukti tinggi, yaitu berkisar antara 16 hingga 50 persen. Di beberapa daerah, keong mas diolah menjadi berbagai jenis masakan seperti sate, pepes, sambal keong, hingga kecap keong.

9. Kacang Kedelai

Kacang kedelai mengandung 29 gram protein per cangkirnya. Kedelai juga diketahui memiliki kandungan lemak yang rendah juga memiliki kandungan lain seperti isoflavon, asam phytc dan saponin yang baik untuk mencegah penyakit jantung, osteoporosis, dan kanker.

10. Tahu

Tahu yang kaya nutrisi, terutama protein bisa diolah menjadi berbagai kreasi masakan. Bisa dikonsumsi bersama salad, dikukus, digoreng ataupun panggang. Selain bergizi, tahu juga mudah menyatu dengan bumbu dan makanan lain sehingga Anda tidak akan bosan memakannya.

semoga bermanfaat informasi  Makanan Yang Mengandung Sumber Protein

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar