Ragam Manfaat Singkong

http://4.bp.blogspot.com/-TDSGihH2ehs/UvOyNJRqMoI/AAAAAAAAAAc/tVKH64_s2TM/s1600/2.gif
Bookmark and Share
Ragam Manfaat Singkong. Singkong atau ubi kayu atau ketela pohon memilki nama latin Manihot utilissima. Singkong merupakan tanaman perdu yang tergolong dalam umbi umbian. Singkong adalah salah satu jenis umbi yang dapat digunakan sebagai pengganti bahan makanan pokok.

Manfaat singkong tidak hanya terdapat pada umbinya. Daun singkong yang masih mudah dapat digunakan sebagai sayur atau lalap. Selain dimanfaatkan sebagai bahan pangan, singkong juga dimanfaatkan sebagai obat alternatif. Kandungan nutrisi singkong yang luar biasa, menjadikan singkong sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Yukk, intip kandungan dari singkong!


Kandungan Singkong
 
Kandungan dalam umbi singkong : kalori, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B dan C, dan amilum. Kandungan dalam daun singkong : vitamin A, B1 dan C, kalsium, kalori, forfor, protein, lemak, hidrat arang, dan zat besi. Sementara kulit batang, mengandung tannin, enzim peroksidase, glikosida, dan kalsium oksalat.

Kandungan gizi singkong per 100 gram meliputi: Kalori 121 kal Air 62,50 gram Fosfor 40,00 gram Karbohidrat 34,00 gram Kalsium 33,00 miligram Vitamin C 30,00 miligram Protein 1,20 gram Besi 0,70 miligram Lemak 0,30 gram Vitamin B1 0,01 miligram
Oleh karena kandungan nutrisi dalam singkong yang luar biasa, singkong dapat bermanfaat sebagai :
  • Antioksidan, antikanker, antitumor, dan menambah nafsu makan.
  • Melancarkan pencernaan. Singkong mengandung insoluble fiber atau serat yang tidak larut dalam Air, yang berfungsi memperlancar proses buang air besar, serta mampu nyerap dan membuang toksin dalam usus, sehingga pencernaan Anda menjadi sehat.
  • Mengobati sakit kepala. Daun singkong dapat digunakan sebagai bahan kompres ketika sakit kepala.
  • Mencerdaskan otak. Hasil penelitian menyebutkan bahwa dalam daun singkong memiliki kandungan asam amino yang diperlukan oleh tubuh antara lain untuk membantu mengubah karbohidrat menjadi energi, membantu pemulihan kulit dan tulang, meningkatkan daya ingat, kinerja otak dan metabolisme asam amino lain. Kanduangan asam amino dalam daun singkong terdiri atas asam glutamik, phenilalanin, tirosin dan triptophan.
  • Mencerahan wajah dan penghilang jerawat. Singkong parut dapat digunakan sebagai masker wajah yang dapat menghalusakn dan mencerahan wajah serta penghilang jerawat.
  • Pengompres pada luka bakar. Kandungan dalam daun singkong dapat mempercepat proses pendinginan.
  • Obat penambah darah. Daun singkong memiliki kandungan zat besi yang tinggi sehingga dapat membantu menambah darah.
  • Obat panas dalam. Air perasan umbi singkong parut dapat bermanfaat sebagai Obat panas dalam.
  • Mengobati luka pada lambung dan mengobati maag. Air perasan umbi berfungsi sebagai antibiotik yang dapat mengobati luka pada lambung.
Selain berbagai manfaat singkong yang telah disebutkan diatas, singkong juga baik untuk diet. Kandungan karbohidrat yang rendah dan serat yang tinggi dalam singkong menjadikan pelaku diet akan tetap terasa kenyang, meski tidak memakan nasi.

Semoga bermanfaat informasi Ragam Manfaat Singkong

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar