KEADAAN MAYIT SETELAH DIKUBURKAN

http://4.bp.blogspot.com/-TDSGihH2ehs/UvOyNJRqMoI/AAAAAAAAAAc/tVKH64_s2TM/s1600/2.gif
Bookmark and Share
Dari Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah bersabda, "Sesungguhnya apabila mayit telah dikuburkan, dia mendengar derap alas kaki orang yang mengantarkannya ketika kembali dari tempat pemakaman.
Jika dia seorang mukmin, maka ibadah shalat akan berada di kepalanya, puasa berada di samping kanannya, zakat di sebelah kirinya, sementara seluruh perbuatan baiknya seperti sedekah, silaturrahim, amalan yang ma'ruf dan perlakuan baiknya kepada manusia berada di kedua kakinya.
Lantas ia didatangi dari arah kepalanya, sehingga amalan shalat berkata, 'Tidak ada tempat dari arahku (untuk mengganggu orang ini).' Dia juga didatangi dari sebelah kanan sehingga amalan puasanya berkata, 'Tidak ada tempat dari arahku (untuk mengganggu orang ini).' Ia kembali didatangi dari arah kiri, sehingga amalan zakatnya berkata, 'Tidak ada tempat dari arahku (untuk mengganggu orang ini).' Kemudian ia didatangi dari arah kedua kakinya, sehingga segala perbuatan yang baik, seperti sedekah, silaturrahim amalan yang ma’ruf dan perlakuan kepada manusia berkata, 'Tidak ada tempat dari arahku (untuk mengganggu orang ini).'
Kemudian dikatakan kepadanya, 'Duduklah dengan tenang!' Orang mukmin itu duduk dan ia diibaratkan seperti matahari yang tenggelam. Para malaikat bertanya kepadanya, 'Apa yang telah kamu katakan tentang lelaki yang diutus kepada kalian (yang dimaksud adalah Nabi Muhammad)? apa yang engkau persaksikan atasnya? Orang mukmin itu menjawab, 'Berilah aku kesempatan untuk mengerjakan shalat terlebih dahulu.' Dikatakan kepadanya, 'Engkau boleh mengerjakannya, tetapi jawablah terlebih dahulu pertanyaan yang kami ajukan kepadamu, 'Apa pendapatmu tentang seorang lelaki yang berada di tengah-tengahmu, apa komentarmu? Apa yang engkau persaksikan atasnya?'
Orang mukmin itu menjawab, 'Lelaki itu adalah Muhammad, aku bersaksi bahwa dia itu Rasulullah , dia telah datang kepada kami dengan membawa kebenaran dari sisi Allah.'
Dikatakan kepadanya, 'Ya, kamu benar, kamu telah hidup berdasarkan keyakinan ini, meninggal dunia juga dengan keyakinan ini dan akan dibangkitkan berdasarkan keyakinan ini Insya Allah.'
Lantas dibukakan untuknya salah satu dari beberapa pintu surga, kemudian dikatakan kepadanya, 'Inilah tempat tinggalmu dan segala isinya yang telah dipersiapkan Allah untukmu.' Maka dia merasa lebih bahagia dan gembira. Selanjutnya dibukakan untuknya salah satu dari beberapa pintu neraka, sambil dikatakan, 'Inilah tempat tinggalmu dengan segala isinya yang telah dipersiapkan Allah jika kamu berbuat maksiat kepadanya.' Dia semakin merasa gembira dan bahagia (karena tidak termasuk golongan ahli maksiat).
Kemudian kuburannya dilapangkan sepanjang 70 hasta, diberikan lampu penerang dan jasadnya dikembalikan seperti semula, dan ruhnya diletakkan ke dalam burung yang bertengger di atas pohon dalam surga. Itulah yang dimaksud dengan firman Allah,

يُثَبِّتُ اللهُ الَّذِينَ ءَامَنُوا بِالْقَوْلِ الثَّابِتِ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَفِي اْلأَخِرَةِ
'Allah meneguhkan iman orang-orang yang beriman dengan al qauluts tsabit (ucapan yang teguh) dalam kehidupan di dunia dan di akhirat.' (Ibrahim: 27).
Namun apabila orang tersebut kafir, maka ia akan didatangi di kuburnya dari arah kepalanya dan ia tidak menemukan suatu kebaikan apapun (yang bisa melindunginya). Kemudian didatangi dari sebelah kanannya, dan ia tidak menemukan kebaikan apapun (yang bisa melindunginya). Lalu didatangi dari bagian kedua kakinya, ia juga tidak menemukan kebaikan apapun.
Lantas dikatakan kepadanya, 'Duduklah,' kemudian ia duduk dengan perasaan takut dan gelisah. Lalu ditanyakan kepadanya, 'Apa yang dulu kamu katakan tentang laki-laki yang berada di tengah-tengah kalian?'
Ia tidak diberi petunjuk tentang nama lelaki itu (bahwa lelaki tersebut adalah Muhammad shallallohu 'alaihi wasallam). Orang kafir itu menjawab, 'Aku tidak tahu, memang aku dulu mendengar orang-orang telah mengatakan sesuatu, sehingga aku ikut-ikutan mengatakan apa yang mereka katakan.'
Lalu dikatakan kepadanya, 'Berdasarkan ketidaktahuan (keraguan) inilah kamu telah menjalani hidup, dan berdasarkan (keraguan) inilah kamu mati, serta berdasarkan (keraguan) inilah kamu akan dibangkitkan (dari kubur) Insya Allah.'
Kemudian dibukakan untuknya salah satu pintu dari pintu-pintu neraka, dan dikatakan kepadanya, 'Inilah tempat tinggalmu di neraka dengan segala isinya yang telah dipersiapkan Allah untukmu.' Dan ia merasa lebih rugi dan menyesal. Kemudian dibukakan untuknya salah satu pintu dari pintu-pintu surga, dan dikatakan kepadanya, Inilah tempat tinggalmu di surga jika kamu taat kepada Allah.' Maka ia menjadi semakin rugi dan menyesal (karena tidak termasuk ahli taat).
Kemudian disempitkan kuburannya hingga tulang-tulang rusuknya saling bertindih dan menjadi ringsek. Itulah kehidupan sempit sebagaimana yang dimaksud dalam firman Allah,

وَمَنْ أَعْرَضَ عَن ذِكْرِى فَإِنَّ لَهُ مَعِيشَةً ضَنكًا وَنَحْشُرُهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَعْمَى
'Dan barangsiapa berpaling dari peringatanku, maka sesungguhnya baginya kehidupan yang sempit.' (Thaha: 124)." [ HR. Ibnu Hibban, 777; Mawarid al-Hakim, 1/379.]

[Sumber: Sittuna Qishshah Rawaha an-Nabi wash Shahabah al-Kiram, Syaikh Muhammad bin Hamid Abdul Wahab, Edisi Indonesia: 61 KISAH PENGANTAR TIDUR, Pent. Darul Haq Jakarta. 
alsofwah.or.id

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar