Obat-Obat Ini Dapat Membuat Hewan Kesayangan Anda “Kelenger”

http://4.bp.blogspot.com/-TDSGihH2ehs/UvOyNJRqMoI/AAAAAAAAAAc/tVKH64_s2TM/s1600/2.gif
Bookmark and Share
Bagi Anda yang hobi memelihara hewan peliharaan, seperti anjing, kucing, atau kelinci, pasti sangat menyenangkan bisa bermain-main dengan mereka di saat waktu luang Anda. Namun Anda juga harus berhati-hati karena kecerobohan Anda juga dapat menyebabkan hewan kesayangan Anda sakit atau bahkan mati.

Salah satu kebiasaan yang mungkin tidak disadari adalah sembarangan menaruh obat-obatan yang biasa Anda pakai. Berikut beberapa obat yang diketahui dapat berakibat fatal bila tidak sengaja dikonsumsi oleh hewan.

1. Inhaler sama
Jika anjing Anda menggigit inhaler asma maka akan berpotensi menyebabkan keracunan akut yang mengancam jiwa. Inhaler mengandung albuterol (beta-agonist) dan flutikason (steroid) dengan dosis yang tinggi. Jika anjing Anda telah menggigit atau menggerogoti inhaler asma, maka akan menunjukkan tanda-tanda seperti muntah, agitasi, aritmia jantung, kolaps, dan akhirnya, kematian.

2. Permen atau permen karet
Banyak permen mengandung xylitol yang merupakan pengganti gula dan sangat beracun bagi anjing. Bahkan sejumlah kecil xylitol saja dapat mengakibatkan benturan gula darah yang berbahaya di gigi taring dan jumlah yang lebih besar dapat menyebabkan gagal hati. Gejala keracunan xylitol meliputi muntah, kelemahan, kolaps, gemetar, dan kejang. Selain pada permen karet atau permen, xylitol juga banyak ditemukan dalam vitamin kunyah yang diresepkan dokter.

3. Obat anti depresan
Obat-obatan dalam botol biasanya akan menimbulkan suara bila digulingkan oleh hewan kesayangan Anda dan mereka mengira itu adalah mainannya. Obat penghilang rasa sakit seperti Advil, Motrin, Tylenol, dan obat yang diresepkan dokter untuk depresi seperti Prozac dan Effexor dapat menjadi racun bagi hewan peliharaan. Anti depresan adalah penyebab utama terjadinya kasus hewan peliharaan yang keracunan obat manusia. Tanda-tanda hewan peliharaan telah menelan satu dari obat tersebut adalah kehilangan koordinasi, agitasi, gemetar dan kejang.

4. Hand sanitizer
Hand sanitizer atau pembersih tangan merupakan produk yang digunakan untuk membunuh kuman dan banyak mengandung alkohol. Jika anjing Anda tidak sengaja menelan sebotol kecil hand sanitizer, efeknya akan setara dengan suntikan minuman keras. Hal ini bisa menyebabkan penurunan gula darah hewan peliharaan Anda, sehingga akan menimbulkan hilangnya koordinasi, hilangnya suhu tubuh, depresi sistem syaraf, koma, dan kematian.

5. Rokok, tembakau, atau produk lain yang mengandung nikotin
Anjing kecil Anda bisa mati hanya dengan menelan tiga batang rokok. Mengunyah rokok, tembakau, atau produk permen karet yang mengandung nikotin dapat berakibat fatal bagi anjing dan kucing peliharaan Anda. Tanda-tanda keracunan nikotin pada hewan peliharaan Anda adalah jantung berdetak cepat, gangguan pernapasan, gejala neurologis, kehilangan kontrol kandung kemih atau usus, tremor, kejang, kelumpuhan, dan bahkan kematian.



{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar