Waspada! Anemia Lebih Memungkinkan Terjadi Pada Wanita

http://4.bp.blogspot.com/-TDSGihH2ehs/UvOyNJRqMoI/AAAAAAAAAAc/tVKH64_s2TM/s1600/2.gif
Bookmark and Share
anemia
Anemia adalah suatu kondisi kekurangan sel darah merah. Perempuan beresiko lebih tinggi terkena anemia daripada pria. Orang yang memiliki penyakit lain seperti kanker memiliki kecenderungan lebih tinggi untuk mengembangkan anemia.


Definisi Anemia: tubuh Anda membutuhkan sejumlah oksigen. Sel darah merah mengandung substansi yang dikenal sebagai hemoglobin yang bertindak sebagai pengikat oksigen.Sel-sel darah merah membawa oksigen dari paru-paru Anda dan membawanya ke seluruh tubuh Anda. Anemia terjadi ketika Anda tidak memiliki cukup sel darah merah atau hemoglobin untuk menghasilkan oksigen yang cukup. Akibatnya, organ-organ Anda terpengaruh karena mereka tidak mendapat cukup oksigen untuk berfungsi. Ada hubungan antara anemia dan ginjal, sumsum tulang dan kekurangan nutrisi dalam tubuh.Bila ginjal tidak bekerja dengan baik atau Anda kekurangan gizi, ini akan mempengaruhi jumlah sel darah merah. Karena sel darah merah yang dibuat di sumsum tulang sangat penting.

Jenis Anemia: Sebenarnya ada lebih dari 400 jenis anemia ditempatkan ke dalam tiga kelompok.

1. Anemia yang disebabkan oleh kehilangan darah: Ini adalah anemia yang secara langsung dikaitkan dengan kehilangan darah. Jenis ini dapat diketahui untuk jangka waktu yang panjang. Ini bisa disebabkan oleh maag, gastritis atau kanker.

2. Anemia yang disebabkan oleh kekurangan produksi sel darah merah: Kadang-kadang tubuh tidak memproduksi cukup sel darah merah. Hal ini dapat menciptakan anemia. Ada banyak penyebab untuk ini seperti kekurangan vitamin / mineral, penyakit yang mendasari seperti kanker, masalah dengan sumsum tulang.

3. Anemia disebabkan oleh kekurangan zat besi: Hal ini disebabkan kadar zat besi tidak cukup dalam tubuh. Ketika tidak cukup zat besi, sumsum tulang tidak dapat menghasilkan hemoglobin yang cukup untuk sel darah merah dan ini dapat mengakibatkan anemia. Beberapa penyebab dari jenis anemia termasuk tidak memiliki cukup zat besi dalam diet Anda, menstruasi, kehamilan dan menyusui, nah itulah alasannya anemia sering terjadi pada tubuh wanita. Anemia juga dapat disebabkan oleh kondisi seperti penyakit ginjal dan kanker.

Apa saja gejala anemia?

Anemia tidak terdeteksi pada banyak orang, dan gejala juga bisa sangat samar-samar.

o Jika seseorang sehat, gejala hanya muncul setelah tingkat hemoglobin turun di bawah 10g/dl.

o Sesak napas, kelelahan, pusing dan jantung berdebar cepat.

o Pucat

o Pingsan

o Jika anemia menjadi berat, angina (nyeri dada), sakit kepala dan sakit kaki (kesulitan berjalan).

Dalam kasus diucapkan kekurangan zat besi, gejala terlihat muncul di lidah dan tenggorokan yang mencakup:

- rasa panas di lidah.

- kekeringan di mulut dan tenggorokan.

- luka di sudut mulut.

- kuku menjadi rapuh dan berbentuk sendok

- pica (sebuah keinginan tak terpuaskan untuk makanan tertentu, makanan kekurangan terutama zat besi)

- rambut rapuh.

- kesulitan makan dan sulit tidur

Kekurangan zat besi dalam kasus yang jarang dapat menyebabkan perubahan permanen pada mukosa (lapisan lunak) di tenggorokan. Kondisi ini merupakan tahap awal untuk kanker.

Apa saja penyebab anemia?

Berikut ini adalah beberapa alasan umum mengapa anemia dapat berkembang:

- Periode pada wanita, pubertas pada anak perempuan

- Kurang Zat besi

- pendarahan internal, mungkin karena tumor

- Kurang asupan vitamin B12 atau asam folat.

- Infeksi seperti malaria dan septicaemia, yang mengurangi waktu hidup sel darah merah

- Gangguan Hormon seperti hipotiroidisme

- Asupan alkohol berlebihan mengurangi penyerapan asam folat.

Pertimbangan Diet: Ada perubahan pola makan banyak yang dapat membantu Anda menyembuhkan anemia Anda. Jika Anda seorang vegetarian Anda mungkin tidak mendapatkan kecukupan tingkat B12. Nah, sekarang Mulailah konsumsi daging merah yang memiliki kadar zat besi lebih tinggi dari ikan atau ayam. Sayuran berdaun hijau seperti bayam memiliki kadar zat besi yang lebih tinggi serta kacang-kacangan. Anda harus membatasi asupan gula yang pada akhirnya akan menguras energi Anda. Teh dan kopi juga dapat memiliki efek ini karena polifenol yang dikandungnya. Jika Anda mengambil suplemen zat besi mencoba untuk minum atau makan buah seperti jus jeruk. Vitamin C membantu dalam penyerapan zat besi.

Diagnosis: Diagnosa penyakit ini dengan tes darah. Beberapa tes darah umum termasuk Complete Blood Count dan Tes darah Smear. Juga akan diperiksa kadar zat besi, folat dan tingkat b12. Nutrisi ini penting untuk produksi sel darah merah. Selain itu dokter mungkin melakukan pengujian hati dan fungsi ginjal untuk melihat apakah ada penyakit yang mendasari yang menyebabkan anemia.

Pengobatan: Setelah dokter menentukan penyebab ia akan memulai program perawatan untuk Anda. Berikut adalah beberapa penyebab bersama dengan protokol pengobatan mereka.

Kurang Darah: sumber perdarahan akan ditentukan dan berhenti.Sebagai contoh Anda mungkin akan diberi transfusi darah dan besi untuk membangun darah merah jumlah sel.

Kekurangan Zat Besi: Jika Anda memiliki kadar zat besi tidak memadai Anda kemungkinan besar akan diresepkan suplemen zat besi. Jangan lakukan ini pada Anda sendiri tetapi di bawah perawatan dokter karena terlalu banyak zat besi bisa berbahaya.

Perusakan sel darah merah: Dikenal sebagai anemia hemolitik, ada beberapa penyebab untuk itu. Jadi pengobatan tentu saja tergantung pada penyebabnya. Menindaklanjuti perawatan: Anda harus tinggal di bawah perawatan dokter dan melakukan proses berikutnya.

Untuk Anda yang wanita, anemia sangat rentan terhadap Anda karena aktivitas Anda yang sering mengeluarkan darah atau zat besi sewaktu menstruasi, menyusui, atau sewaktu melahirkan yang mengeluarkan banyak darah. Tetap mengkonsumsi makanan kaya zat besi adalah pilihan yang tepat agar etrhindar dari Anemia.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar